Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Xiaomi yang Cepat Panas

tips cara mengatasi hp xiaomi cepat panas

Beberapa pengguna ponsel Xiaomi mungkin pernah mengalami kejadian smartphone kesayangannya terasa cepat panas saat digunakan. Tentu saja hal ini membuat pengguna merasa tidak nyaman saat menggunakannya. Bukan saja tidak nyaman karena panas, tetapi mungkin anda juga khawatir, apakah ada yang salah pada ponselnya.

Beberapa penyebab yang memungkinkan ponsel menjadi cepat panas karena, kinerja CPU ponsel terlalu keras ketika menjalankan aplikasi yang berat. Sebenarnya, kondisi panas yang berlebih ini juga tidak bagus untuk ponsel itu sendiri. Hal yang paling terasa efeknya adalah baterai yang cepat habis dan bisa jadi juga cepat rusak.

Nah, berikut adalah beberapa penyebab Hp Xiaomi yang cepat panas dan solusi mengatasinya.

tips cara mengatasi hp xiaomi cepat panas
tips cara mengatasi hp xiaomi cepat panas

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Yang Cepat Panas

1. Penggunaan Aplikasi yang Terlalu Banyak

Biasanya, hal ini lah yang paling sering menjadi penyebab ponsel Xiaomi cepat panas. Hal ini disebabkan karena di play store begitu banyak aplikasi yang disediakan secara gratis. Hal yang harus anda perhatikan agar ponsel tidak cepat panas, cermatilah penggunaan aplikasi pada ponsel. Jika aplikasi sudah tidak diperlukan lagi, langsung di uninstall agar tidak membenani kinerja CPU.

2. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Fitur yang terdapat pada ponsel Xiaomi sangat banyak, yakni bluetooth, IR, Wi-Fi, GPS, dll. Terkadang setelah menggunakan fitur-fitur ini sering lupa untuk mematikan kembali fitur-fitur tersebut. Jadi, agar kinerja ponsel tidak sia-sia, setelah menggunakan fitur-fitur tersebut sebaiknya dimatikan.

3. Menggunakan Saat di-Charge? Itu Kesalahan Besar

Hal lain yang menyebabkan ponsel cepat panas dan baterai cepat habis yaitu menggunakannya saat di charge (ngecas). Hal ini disebabkan karena arus yang masuk dan keluar menjadi tidak stabil. Jadi, agar baterai ponsel anda awet dan tidak cepat panas, hindari menggunakan ponsel saat di charge.

4. Gunakan Ponsel Sewajarnya

Maksudnya disini, gunakanlah ponsel anda sewajarnya, seperti jika ingin bermain game, ya bermain game. Jika ingin menggunakan social media, ya ber social media. Mau menonton Youtube, ya menonton youtube. Jangan lakukan semua hal tersebut dalam satu waktu. Setelah menggunakan aplikasi, jangan lupa dikeluarkan agar tidak berjalan di background.

5. Gunakan Pada Tempat yang Wajar

Faktor lingkungan juga mempengaruhi kinerja ponsel anda. Seperti, menggunakan dibawah terik matahari juga bisa membuat ponsel cepat panas. Selain itu, menggunakan ponsel di lokasi yang minim signal juga dapat memboroskan baterai. Maksudnya, jika ponsel anda di setting 4G, tetapi lokasi tersebut tidak menyediakan jaringan 4G atau belum dalam cangkupan 4G. Hal ini akan menyebabkan ponsel akan terus-menerus mencari jaringan 4G dan akan berimbas ponsel menjadi cepat panas.

6. Hindari Overclock

Sama halnya PC atau laptop, overclock adalah kegiatan diaman device dituntut untuk melakukan kinerja dengan cepat tetapi diluar batas kemampuan device tersebut. Jadi sebaiknya, jangan terlalu dipaksakan ponsel xiaomi anda melakukan kinerja yang diluar batas kemampuannya.

7. Matikan Jika Tidak Terpakai

Ponsel sebenarnya juga membutuhkan waktu istirahat, sama halnya dengan alat-alat elektronik lainnya. Jadi ada baiknya saat anda tidur, maka hp xiaomi anda juga dimatikan. Agar ponsel lebih awet dan tidur anda juga lebih nyenyak. ^-^

Itulah tadi beberapa tips agar ponsel Xiaomi kesayangan anda tidak cepat panas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *