Pengertian dan Cara Fastboot Xiaomi Redmi 3

Posted on

Pengertian dan Cara Fastboot Xiaomi Redmi 3 – Pada umumnya untuk membantu menyelamatkan smartphone android dari error atau mencoba untuk melakukan upgrade dan downgrade sistem operasi smartphone android dengan memakai fastboot. Tidak semua smartphone mempunyai mode fastboot yang dapat diakses pengguna, namun bagi pengguna Redmi 3, Anda bisa menikmati fasilitas fastboot Xiaomi Redmi 3, cara melakukannya pun tidak sulit sama sekali.

Apa Itu Fastboot? Dan Fungsinya Untuk Hp Xiaomi

fastboot Xiaomi Redmi 3

Banyak pengguna gadget yang bertanya, apa itu fastboot? Fastboot merupakan suatu protocol yang bisa dipakai untuk membantu melakukan flash ulang partisi smartphone atau tablet android.

Ada pun tool fastboot sendiri umumnya hadir dengan software development kit yang menjadi alternative dari recovery mode untuk membantu melakukan instalasi sekaligus pembaruan. Bisa dibilang jika tool ini dapat dipakai untuk membantu memodifikasi file system di sistem operasi android jika smartphone tengah berada dalam kondisi bootloader mode.

Pada fastboot, pengguna smartphone bisa melakukan modifikasi dari file system image dari computer menggunakan koneksi jaringan USB. Mode fastboot ini sangat bermanfaat untuk membantu melakukan update firmare cepat tanpa perlu memakai mode recovery.

Baca Juga :  Cara Unlock Xiaomi Ketika Lupa Kata Sandi

Umumnya, fastboot tersebut bisa dipakai untuk melakukan flashing custom recovery, bisa memakai clockworkMod atau juga fastboot Xiaomi.

Cara Melakukan Flash Pada Xiaomi Redmi 3 Dengan Sistem Fastboot

fastboot Xiaomi Redmi 3

Setelah memahami apa itu pengertian dan fungsi dari fastboot pada smartphone Xiaomi Redmi 3, selanjutnya Anda bisa mencoba untuk melakukan flash pada smartphone Xiaomi dengan memanfaatkan sistem fastboot, cara fastboot Xiaomi Redmi 3 ini tidak sulit sama sekali kok, apalagi bila Anda menjalankan tiap tahapnya dengan baik dan benar.

  1. Untuk mencoba cara ini, Anda diharuskan untuk melakukan install aplikasi Mi Flash di PC atau laptop
  2. Setelah itu ekstrak stock ROM Xiaomi, Anda bisa meletakkannya di mana saja
  3. Setelah aplikasi Mi Flash selesai diunduh, segera lakukan RUN
  4. Pada aplikasi Mi Flash, klik Browse dan pilih lokasi dari folder yang menjadi tempat penyimpanan file ROM sebelumnya
  5. Selanjutnya, pilih tanda panah lalu arahkan pada Advanced
  6. Pada bagian fastboot, Anda bisa memilih lebih dahulu file script ROM, setidaknya terdapat 3 script yang dapat dipakai:
  • Flash_all.bat merupakan install ROM sekaligus untuk menghapus data user serta file yang terdapat pada memori internal
  • Flash all except storage.bat merupakan install ROM serta menghapus data dari pengguna
  • Terakhir ada tipe flash all except data storage.bat yakni install ROM namun tidak serta merta melakukan penghapusan data dari file mana pun
  1. Dari sini Anda masih bisa memilih script yang sesuai dengan selera, misalkan tidak bermaksud untuk menghapus data maka Anda dapat memilih script bagian terakhir
  2. Cobalah untuk mematikan perangkat Xiaomi Redmi 3 Anda lantas masuk pada mode fastboot dengan tekan tombol volume down dan juga power secara bersamaan hingga logonya muncul pada layar
  3. Anda bisa memasang kabel data untuk mencoba menghubungkan computer atau laptop dengan Xiaomi Redmi 3.
  4. Buka aplikasi Mi Flash lalu pilih Refresh bertujuan untuk membuat smartphone Xiaomi Anda terdeteksi
  5. Setelah itu lanjutkan dengan klik tombol Flash agar proses flash pada Xiaomi Redmi 3 berjalan dan biarkan sampai semuanya selesai.
  6. Setelah proses flash ini selesai, secara otomatis smartphone Xiaomi Redmi 3 Anda akan melakukan proses restart, setelah restart selesai, Anda bisa melepas USB dari smartphone dan segala proses fastboot Xiaomi pun usai dilakukan.
Baca Juga :  Ingin Menghindari Baterai Xiaomi Meledak? Cek Tips Ini Agar Baterai Aman!

Terlepas dari apa pun masalah yang terjadi pada smartphone Xiaomi Anda, melakukan fastboot Xiaomi Redmi 3 bisa jadi sebagai cara terbaik untuk mengatasi masalahnya. Cara yang telah diterangkan di atas mungkin terkesan sedikit merepotkan, namun bila Anda menjalankannya secara berurutan tanpa terkecuali maka masalah yang terjadi pada smartphone Xiaomi khususnya Redmi 3 bisa segera diatasi, apalagi perangkat yang Anda perlukan hanya sedikit, cukup siapkan USB, PC atau laptop dan kuota internet sehingga Anda bisa mengunduh aplikasi Mi Flash dan memulai proses fastboot seperti yang diterangkan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *