Cara Mengetahui Tipe Smartphone Xiaomi Anda Ketika Terjadi Bootloop atau Mati

Posted on

Cara Mengetahui Tipe Smartphone Xiaomi Anda Ketika Terjadi Bootloop atau MatiXiaomi yang terjadi bootloop atau mati sudah menjadi hal yang biasa bagi siapa pun yang sering melakukan modifikasi sendiri smartphone mereka, sehingga terjadi hal tersebut. Tapi untuk memperbaikinya, Anda perlu melakukan flashing yang membutuhkan tipe smartphone agar bisa dicocokan dengan aplikasi yang dibutuhkan.

Kalau tidak ada tipe smartphone-nya sudah dipastikan bisa menjadi masalah maupun kendala untuk melakukan flashing. Namun, Anda jangan khawatir. Meskipun smartphone Xiaomi Anda sudah tidak bisa menyala lagi, Anda masih bisa mengetahui tipe smartphone-nya. Bagaimana caranya? Berikut cara mengetahui tipe Xiaomi yang mati.

Di sini akan dibagikan 2 cara untuk mengetahui tipe Xiaomi yang smartphone-nya sudah mati total atau mengalami bootloop, yakni dengan fastboot yang menggunakan PC dan di perangkat Xiaomi itu sendiri. Berikut ini cara mengetahui tipe Xiaomi yang menggunakan PC.

  1. Siapkan smartphone Xiaomi dan aplikasinya

Pertama-tama, download dan instal terlebih dahulu aplikasi MiFlash di PC Anda. Cara install-nya sangat mudah karena install aplikasinya sama dengan install aplikasi seperti biasanya, jadi Anda jangan khawatir dengan caranya, ya.

  1. Masuk ke dalam Fastboot Mode
Baca Juga :  Pemutar Video Xiaomi dan 6 Pemutar Video Alternatif

Siapkan perangkat smartphone Xiaomi Anda. Dengan keadaan mati total, masuk ke daam Fastboot Mode dengan menekan tombol volume bawah dan power secara bersama-sama. Tunggu hingga beberapa detik sampai muncul layar Fastboot Mode. Kalau belum berhasil, ulangi lagi dengan menekan tombolnya secara bersama-sama. Hal ini harus dilakukan agar tidak terjadi human error.

  1. Menghubungkan smartphone Xiaomi Anda ke PC

Kalau sudah masuk ke dalam Fastboot Mode, hubungkan perangkat smartphone Xiaomi Anda ke PC dengan menggunakan kabel data. Perlu Anda pastikan, gunakan kabel data resmi dari Xiaomi agar smartphone Xiaomi Anda mudah terbaca di PC. Dengan keadaan smartphone Xiaomi Anda berada dalam Fastboot Mode, PC akan membaca smartphone Anda dan akan menginstal driver Xiaomi Anda secara otomatis. Jangan takut kalau itu adalah virus, ya.

Kalau sudah selesai menginstall drivernya, buka Device Manager Anda di PC dan lihat apakah sudah ada Android Composite Adb Interface. Kalau sudah ada, berarti sampai di langkah ini Anda masih aman.

  1. Buka Open Command Windows dari folder Android

Setelah terdeteksi, bukalah folder Andoid dari C:\Program File\ Xiaomi\ MiPhone\ Google\ Android. Kemudian tahan tombol Shift pada keyboard Anda, kemudian klik kanan di halaman folder Android. Kalau menu klik kanannya sudah muncul, klik lagi yang Open Command Windows here.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Kelebihan Xiaomi CCTV-Si Mungul Penjaga Rumah

Kalau sudah di klik, maka akan muncul tampilan adb. Di dalam kotak tersebut, ketikkan fastboot devices dan tekan Enter di keyboard Anda. Tidak lama itu, Anda harus menunggu device smartphone Xiaomi Anda terbaca.

  1. Ketik lagi fastboot getvar product

Kalau sudah selesai denga tahap sebelumnya, Anda perlu mengetikan lagi fastboot getvar product di dalam kotak yang sama. Lalu tekan enter.

  1. Muncul jenis produk

Dengan proses yang tidak memakan waktu lama, Anda akan mendapatkan jenis produknya, seperti ido, Kenzo, Land, dan sebagainya.

  1. Lihat daftar jenis tipe Xiaomi

Setelah mendapatkan tipe produknya, langkah selanjutnya adalah melihat daftar tipe Xiaomi agar nama smartphone Xiaomi Anda bisa diketahui. Kalau tidak ada di dalam tersebut, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa melihatnya di search engine, seperti Google. Ketikan saja kode device yang baru saja Anda dapatkan di dalam kolom pencarinya, kemudian tekan enter.

Tidak lama itu, akan keluar nama smartphone Xiaomi maupun tipe yang Anda pakai. Dengan begitu, Anda tinggal mendownload firmware yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi Anda.

Baca Juga :  Penyebab Kenapa Hp Xiaomi Tiba Tiba Mati dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Tutorial di atas merupakan cara mengetahui tipe Xiaomi yang mati dan tidak bisa dihidupkan lagi. Namun, kalau smartphone Xiaomi Anda belum mati atau sedang tidak mengalami kerusakan parah sampai terjadi bootloop, maka sebaiknya ikuti cara di bawah ini untuk menghindari cara yang merepotkan di atas.

  1. Dalam keadaan ponsel masih menyala, buka menu Pengaturan, lalu scroll ke bawah sampai menemukan menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  2. Buka menu tersebut dan lihatlah pada Model Number.
  3. Masukan Model Number yang tertera pada kolom pencari di Google. Di situ Anda akan mendapatkan tipe dan nama smartphone Xiaomi yang sedang Anda pakai.

Dengan mengetahui tipe Xiaomi-nya terlebih dahulu, Anda bisa menghindari cara merepotkan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Inilah tutorial mengenai cara mengetahui tipe Xiaomi yang mati. Untuk menghindari kerusakan seperti ini, sebaiknya berpikirlah secara matang sebelum memodifikasi smartphone Anda, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *