Cara Mengatasi Sinyal Hilang dan Tidak Stabil di HP Xiaomi

Sinyal tidak stabil pasti dialami oleh semua pengguna smartphone, tidak terkecuali Anda. Rasanya sangat menyebalkan jika kita sedang asyik-asyiknya sms-an atau berselancar di dunia maya, tiba-tiba koneksi terputus.

cara mengatasi sinyal hilang di hp xiaomi

Sinyal yang tidak stabil bisa terjadi di semua merek smartphone, baik itu Samsung, Apple, Oppo, Xiaomi, dan merek smartphone yang lain. Tapi, sesuai dengan judul di atas, artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi sinyal tidak stabil di HP Xiaomi. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Menyalakan Mode Airplane, Lalu MematikannyaSinyal tidak stabil bisa disebabkan karena layanan operator yang tidak stabil. Oleh karena itu, Anda dapat menyalakan mode airplane, lalu mematikannya lagi untuk mengembalikan sinyal seperti semula.

    Apabila sinyal di hp Xiaomi tetap tidak stabil, itu berarti operator penyedia memang lagi bermasalah. Mungkin operator sedang berupaya untuk meningkatkan kekuatan sinyal di beberapa daerah, jadi bersabar saja sampai sinyal kembali stabil.

  2. Mengganti Kartu ke Operator yang Memiliki Sinyal Lebih Stabil

    Ada banyak operator jaringan di Indonesia. Masing-masing operator hadir dengan kekuatan sinyal yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada operator yang menawarkan sinyal yang sangat kuat, ada juga operator yang menawarkan sinyal yang lemah untuk beberapa daerah.

    Apabila sinyal kartu sim yang Anda gunakan saat ini selalu tidak stabil, itu artinya sinyal yang disediakan oleh operator yang bersangkutan memang sangat rendah. Anda bisa membeli kartu baru dan mengganti operator penyedia jaringan untuk mendapatkan sinyal yang lebih stabil.

  3. Berpindah Lokasi untuk Sementara

    Meskipun berada di satu kota yang sama, bukan berarti kekuatan sinyal di setiap daerah di kota tersebut sama merata. Untuk daerah yang berada di pedalaman dan dataran rendah, kekuatan sinyal biasanya agak macet atau tidak stabil. Kondisi sebaliknya terjadi di daerah dataran tinggi dimana sinyalnya sangat kuat.

    Oleh karena itu, Anda bisa berpindah lokasi untuk sementara. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengunjungi daerah dataran tinggi ya! Cukup dengan pindah ke gedung-gedung yang lebih tinggi untuk mendapatkan sinyal yang lebih stabil.

  4. Restart Smartphone

    Handphone yang sudah dipakai selama beberapa tahun biasanya lebih sensitif dibandingkan handphone baru. Tidak hanya itu, handphone tersebut juga kadang-kadang suka hank sendiri, termasuk di bagian penangkap sinyal.

    Oleh karena itu, Anda bisa merestart smartphone agar kinerjanya kembali seperti semula. Lakukan satu sampai dua kali restart sampai kekuatan sinyal benar-benar stabil seperti semula.

  5. Penangkap Sinyal Smartphone Sedang Bermasalah

    Ketidakstabilan sinyal pada smartphone Xiaomi tidak melulu disebabkan karena operator yang bermasalah. Kadang kala, sinyal yang tidak stabil dapat disebabkan oleh kerusakan hardware yang ada pada smartphone. Sehingga smartphone menjadi lemah untuk menangkap sinyal yang ada di udara.

    Kalau bagian hardware sudah rusak, ada baiknya jika Anda membeli smartphone baru yang hardware nya lebih tahan banting. Sehingga sinyal di smartphone tetap aman-aman saja tanpa adanya gangguan.

  6. Berpindah ke Jaringan 4G

    Tipe jaringan ternyata juga mempengaruhi stabil atau tidak stabilnya sinyal pada smartphone. Apabila jaringan 3G tidak mampu menangkap kekuatan sinyal, cobalah untuk pindah ke jaringan 4G yang dipercaya lebih ampuh dan bagus untuk menangkap sinyal.

    Agar jaringan 4G bekerja maksimal, pilihlah operator atau ISP yang menawarkan sinyal yang kuat pula. Agar aktivitas yang hendak Anda lakukan bersama smartphone berjalan mulus tanpa adanya hambatan.

Sinyal tidak stabil? Bukan lagi persoalan! Kini Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi sinyal yang tidak stabil sehingga kinerja smartphone tetap lancar tanpa adanya hambatan. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *