Aplikasi Sering Berhenti Tiba-tiba di Smartphone Xiaomi Anda? Ini Cara Mengatasinya

Posted on

Aplikasi Sering Berhenti Tiba-tiba di Smartphone Xiaomi Anda? Ini Cara Mengatasinya – Xiaomi merupakan salah satu smartphone yang saat ini mulai digemari banyak orang, karena menawarkan harga yang murah tapi sudah memiliki kualitas yang cukup baik. Maka tidak heran, kalau smartphone ini menjadi merk andalan bagi pengguna smartphone kalangan menengah bawah.

Dari keunggulan-keunggulan yang disajikan oleh Xioami, masih saja ada kekurangan yang membuat Anda kurang nyaman, seperti aplikasi yang sedang Anda gunakan tiba-tiba muncul notofikasi Unfortunely, application has stopped atau ketika ingin membuka aplikasi, tiba-tiba juga muncul pesan tersebut. Memang tidak jarang kejadian ini terjadi. Namun, masih ada beberapa cara yang bisa mengatasi aplikasi Xiaomi tiba-tiba berhenti. Berikut cara-caranya.

mengatasi aplikasi Xiaomi tiba-tiba berhenti

  1. Hapus memory cache

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memory cache yang ada di aplikasi tersebut. Biasanya, kalau memory cache di aplikasi tersebut sudah menumpuk, aplikasi tersebut akan mengalami beberapa masalah dan salah satunya adalah aplikasi tiba-tiba berhenti secara paksa.

Karena itulah, untuk menghindari terjadinya lag maupun berhenti secara tiba-tiba, Anda wajib membersihkan memory cache-nya. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih menu Aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan memory cache-nya, lalu klik pada Hapus Memory Cache. Kalau ingin lebih mudah, Anda bisa mendownload dan menginstal aplikasi yang bisa membersihkan cache.

  1. Hapus data aplikasi

Selain menumpuknya memory cache, data aplikasi yang juga semakin banyak bisa mengakibatkan aplikasi tersebut error dan membuat aplikasinya tiba-tiba keluar secara sendirinya. Maka dari itulah, jika Anda memang ingin aplikasi bisa berjalan dengan lancar, alangkah baiknya Anda memperhatikan data aplikasi.

Baca Juga :  Trik Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala pada Xiaomi

Hapus data aplikasi bisa Anda lakukan dengan membuka menu Settings lalu pilih menu Aplikasi. Buka aplikasi yang ingin Anda hapus datanya, lalu klik pada Hapus Data. Tapi, perlu Anda ketahui, dengan menghapus data aplikasinya, semua data-data yang pernah Anda masukan maupun history dan lainnya akan terhapus semua. Jadi, aplikasi tersebut semua data-datanya akan hilang dan Anda yang sudah pernah melakukan login, harus melakukannya lagi.

  1. Bersihkan background apps

Biasanya, pengguna yang cukup sibuk atau menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan, akan membiarkan aplikasi-aplikasi tersebut tetap terbuka di background apps. Namun, cara ini sebenarnya tidak cukup baik, karena semakin banyak aplikasi yang berjalan di waktu bersamaan, maka semakin besar pula peluang aplikasi keluar secara tiba-tiba.

Baca Juga :  Cara Flash Xiaomi Redmi 2 Prime Via Fastboot/Mi Flash

Kenapa? Itu karena background apps merupakan fitur smartphone Xiaomi yang membiarkan beberapa aplikasi tetap berjalan dan aktif secara bersamaan meskipun Anda sedang tidak membuka aplikasi tersebut. Semakin banyak aplikasi yang diaktifkan, sudah pasti aplikasi-aplikasi lain yang cukup berat untuk berjalan akan mengalami error, seperti keluar tiba-tiba.

Maka dari itu, jangan biarkan background apps Anda menahan 3 aplikasi sekaligus. Aktifkan saja yang menurut Anda benar-benar penting.

  1. Menghapus aplikasi yang tidak compatible

mengatasi aplikasi Xiaomi tiba-tiba berhenti

Seperti yang telah kita ketahui, tidak semua aplikasi bisa berjalan di smartphone tertentu, tidak terkecuali Xiaomi. Jika memang smartphone Xiaomi tersebut dilengkapi dengan spesifikasi yang sudah sangat baik, mungkin hal tersebut tidak berpengaruh. Namun, untuk Xiaomi yang memiliki spesifikasi yang kurang memupuni, hal tersebut bisa saja terjadi.

Kalau Anda sudah menginstalnya dan aplikasi tersebut tiba-tiba keluar saat dipakai, sebaiknya cek spesifikasi sistem operasi apa yang harus digunakan. Kalau sistem operasi yang diperlukan tidak sesuai dengan yang Anda pakai, lebih baik hapus saja aplikasi tersebut, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Jika Anda ingin mendownload aplikasi dan ingin menginstalnya, pastikan lagi sistem operasi apa yang dibutuhkan.

  1. Restart Xiaomi

mengatasi aplikasi Xiaomi tiba-tiba berhenti

Cara mengatasi aplikasi Xiaomi tiba-tiba berhenti yang satu ini sangatlah mudah dan data-data yang ada di aplikasi tersebut juga masih aman alias tidak hilang. Cara ini akan membuat smartphone Xiaomi Anda lebih fresh saja.

  1. Update MIUI

Faktor lain yang mengakibatkan aplikasi berhenti tiba-tiba adalah sistem operasi MIUI Anda belum di update. Meskipun simple, update MIUI adalah suatu keharusan, karena dengan menggunakan MIUI versi terbaru, sudah pasti aplikasi yang berjalan bisa lebih lancar. Tapi kalau Anda jarang melakukan update, aplikasi-aplikasi yang ada di Xiaomi Anda akan memungkinkan error. Karena itulah, Anda harus update MIUI secara berkala.

Baca Juga :  Aplikasi Pendukung Xiaomi yang Sangat Bermanfaat Untuk Keseharian Anda!

Itulah cara mengatasi aplikasi Xiaomi tiba-tiba berhenti yang bisa Anda coba sendiri. Cara lain yang bisa membantu Anda adalah lebih baik download dan instal di tempat terpercaya, seperti Google PlayStore atau Mi Store. Dengan menggunakan aplikasi dari situs resminya, masalah error pada aplikasi bisa dihindarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *