8 Masalah Pada Hp Xiaomi yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Xiaomi adalah salah satu vendor smartphone yang telah diperhitungkan dipasaran. Tidak hanya di Indonesia, tetapi sudah secara global. Xiaomi hadir di pasaran gadget dengan membawa smartphone premium yang memiliki harga terjangkau. Ponsel asal cina ini juga konsisten dengan pasarannya. Hal ini menjadikan Xiaomi menempati posisi kelima sebagai produsen Smartphone terbesar dunia.

Meskipun dengan harga yang lebih murah, tentu saja kita akan menemui beberapa masalah yang terjadi pada setiap ponsel yang kita beli termasuk juga hp Xiaomu. Namun, bukan berarti masalah yang terdapat pada ponsel Xiaomi tidak dapat diatasi. Berikut ada beberapa masalah yang sering terjadi pada smartphone Xiaomi beserta cara mengatasinya.

masalah yang sering terjadi pada smartphone Xiaomi beserta cara mengatasinya

masalah yang sering terjadi pada smartphone Xiaomi beserta cara mengatasinya
masalah yang sering terjadi pada smartphone Xiaomi beserta cara mengatasinya

1. Hilangnya Jaringan 4G

Berhubung adanya aturan TKDN, brand Xiaomi terpaksa harus menghilangkan jaringan 4G untuk beberapa tipe ponsel dari Xiaomi ini. Biasanya jaringan 4G ini hilang setelah dilakukan upgrade MIUI versi Global. Untuk mengembalikan jaringan 4G, anda harus mengembalikan ROM ponsel Xiaomi ke ROM China. Atau dengan kata lain, flash ulang. Untuk bagaimana cara flash ulang ROM Xiaomi, dapat dilihat pada forum MIUI.

Selengkapnya : Cara Mengembalikan 4G Lte Xiaomi yang Hilang

2. Notifikasi Activasion SIM Card

Bisa dikatakan ini bukan masalah, tetapi terkadang notifikasi SIM Card Not Activated muncul dan itu sedikit mengganggu. Meskipun SIM Card kita tidak ada masalah. Bagaimana agar notifikasi tersebut dapat diatasi? Caranya, cukup dengan melengkapi verifikasi nomer telepon yang kita gunakan pada akun Xiaomi (Mi ccount).

Untuk tutorial aktifasi Mi Account, dapat dilihat pada artikel sebelumnya. atau dengan mengunjungi http://i.mi.com. Ikuti petunjuk sampai nanti mendapatkan sms verifikasi.

3. Baterai Boros saat Terhubung WiFi

Jika anda salah satu pengguna ponsel Xiaomi yang mengalami boros baterai saat menyambung dengan koneksi WiFi, mungkin ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini disebabkan karena beberapa sinkronisasi yang aktif saat smartphone terkoneksi dengan jaringan WiFi. Beberapa aplikasi yang melakukan sinkronisasi dengan WiFi, diantaranya: email, dan backup ke MiCloud. Nah jika MiCloud melakukan sinkronisasi, akan banyak menguras baterai, karena banyaknya file yang akan dibackup.

Solusinya, anda bisa keluar dari MiAccount, sehingga proses backup tidak terjadi lagi. Namun untuk bagian ini, tergantung kepada pengguna, apakah membutuhkan MiAccount atau tidak.

4. Tidak Ada Recovery Setting

Recovery Setting dalam penggunaan Android sangat penting. Hal ini sangat dibutuhkan  untuk melakukan back up, wipe data, sampai melakukan upgrade sistem. Tetapi untuk ponsel Xiaomi keluaran 2015 akhir sampai 2016 tidak dibekali Recovery Setting. Hal ini disebabkan karena smartphone Xiaomi terbaru telah di-lock bootloadernya.

Tapi jangan khawatir, untuk dapat menggunakan Recovery Setting, anda terlebih dahulu harus meng-unlock bootloadernya. Untuk cara yang resmi, dapat dilakukan permintaan unlock bootloader melalui http://en.miui.com/unlock dan mengikuti langkah-langkah pada website tersebut.

Setelah selesai, langkah selanjutnya dapat memasang recovery setting menggunakan Adb Command. Setelah recovery terpasang, anda dapat melakukan root dan juga melakukan custom ROM.

5. Google Now Tidak Berjalan

Google Now merupakan aplikasi dari google yang dibutuhkan saat ini karena penggunaannya yang simple. Namun pada ponsel Xiaomi, fitur ini tidak dapat digunakan secara default.

Anda dapat mengaktifkan fitur Google Now dan mengaktifkan fitur ‘OK GOOGLE’ dari tampilan manapun dengan masuk ke menu security – permission. Pada bagian permission, cari Google App, dan berikan ceklis pada bagian Modify System Setting.

6. Kontak Whatsapp Tidak Muncul

Beberapa dari pengguna Smartphone Xiaomi mengalami hal seperti tidak munculnya kontak whatsapp diponselnya. Tidak usah panik. Hal ini disebabkan anda tidak memberikan Permission untuk aplikasi whatsapp untuk mengakses informasi kontak. Hal ini dapat dirubah dengan masuk ke menu security – Permission – cari whatsapp dan berikan ceklis pada bagian kontak.

7. Notifikasi BBM Tidak Masuk dan Tertutup Sendiri

Aplikasi pesan seperti BBM merupakan aplikasi yang dibutuhkan dan digunakan oleh pengguna smartphone android. Namun, karena ketatnya manajemen aplikasi di MIUI, anda mungkin pernah mengalami kendala tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut pada ponsel Xiaomi kesayangan anda, langsung menuju menu security – permission. Pilih Autostart dan nyalakan Autostart BBM. Hal ini juga berguna untuk membuat semua aplikasi berjalan sempurna di MIUI.

8. Overlay Ikon Aplikasi Hilang

Beberapa contoh Overlay pada ikon adalah Head Chat Facebook Messenger. Namun, pada Xiaomi, ikon tersebut tidak muncul begitu saja  karena sistem MIUI membuatnya begitu.

masalah yang sering terjadi pada smartphone Xiaomi beserta cara mengatasinya
Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *