5 Tips Sebelum Membeli Hp Xiaomi Agar Tidak Salah Beli

Tips Sebelum Membeli Hp Xiaomi – Di era teknologi canggih saat ini smartphone Android sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Banyak produsen gadget yang menawarkan dan menjual produk ponsel mereka dengan harga yang relatif lebih murah salah satu nya adalah brand asal negeri China yaitu Xiaomi. Selain harganya yang lebih terjangkau Smartphone Xiaomi juga kaya akan fitur dan spesifikasi yang tinggi. Namun sebelum anda membeli Hp Xiaomi ada baiknya untuk menyimak tips penting berikut ini.

5 Tips Sebelum Membeli Hp Xiaomi

tips sebelum membeli xiaomi
tips sebelum membeli xiaomi

1# Pastikan Anda Tidak Salah Pilih Tipe dan Jenis

Saat ini Xiaomi hanya memiliki 2 tipe yaitu Xiaomi Redmi dan Xiaomi Mi, ke dua tipe ini adalah produk dari Xiaomi, yang membedakan dari device tersebut terletak pada spesifikasinya. Xiaomi “Mi” jauh lebih unggul dibandingkan “Redmi” dan dari segi komponen tipe “Mi” juga lebih cenderung lebih high daripada Redmi.

Beberapa komponen yang dipakai pada tipe “Mi” seperti prosesor, GPU, kamera, sensor, dll akan lebih tinggi dibandingkan dengan komponen “Redmi”. Termasuk juga dari segi desain tipe “Mi” akan menyerupai ponsel kelas premium dari pada tipe “Redmi”, Nah memang target nya tipe “mi” ini untuk menengah ke atas dan “Redmi” untuk menengah kebawah. Dari segi harga pun jelas berbeda, tipe “Mi” akan lebih mahal dibandingkan “Redmi”.

Selain tipe MI dan Redmi, Hp Xiaomi juga memiliki banyak jenis tidak sedikit orang yang tertipu atau salah pilih, dikarenakan perbedaan nama yang tidak terlalu jelas, Sebagai contoh pada varian Redmi 3 akan ada jenis lainnya yaitu Redmi 3 Prime, Redmi 3S, Redmi 3S Prime, Redmi 3X untuk itu Anda harus teliti untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis tersebut.

2# SCDMA & WCDMA + TDD-LTE & FDD-LTE itu berbeda

Kebanyakan calon pembeli tidak mengetahui fungsi dari jaringan yang dipilih, Hp Xiaomi yang dibeli tidak mendukung FDD LTE atau WCDMA, maka setelah di pakai smartphone tidak muncul sinyal 3G/H/H+/4G nya, ini adalah network/ jaringan, jangan sampai anda salah memilih.

Buat anda calon pengguna Xiaomi pastikan poin ini menjadi hal pertama yang harus anda cek, sebelumnya mimin kasih tahu dulu kalo Xiaomi yang di jual resmi itu hanya di mi.com/id maka semua smartphone yang ada di situs tersebut sudah mendukung jaringan 3G/4G Indonesia, namun masalahnya tidak semua HP Xiaomi dari situs resmi tersebut, karena kebanyakan HP yang datang ke Indonesia lebih lama daripada distributor yang sudah ngejual duluan di pasar Indonesia, selain itu ada produk yang tidak resmi di jual di Indonesia seperti mi4, dll.

Tips nya agar tidak salah pilih yaitu harus melihat dus asli nya, jika tidak mendukung WCDMA/FDD-LTE maka jangan dibeli, sebab 3G di Indonesia menggunakan WCDMA dan 4G di indonesia menggunakan duplex FD/D-LTE, hanya kartu seperti bolt dan smartfreen yang menggunakan jaringan TD-LTE, TD-LTE sendiri adalah duplex yang di gunakan di China.

3# Garansi Resmi dan Garansi Distributor

Tips membeli Hp Xiaomi selanjutnya adalah berkaitan dengan garansi yang ditawarkan. Hp Xiaomi yang beredar di Indonesia secara resmi didistribusikan oleh TAM & SCM (Erajaya) atau Comtech (Trikomsel), namun tak sedikit distributor lain yang tidak resmi juga ikut memasarkan Hp Xiaomi di Indonesia seperti BCell, GMT, WII, Bless,The One, dll..

Smartphone Xiaomi yang resmi dipasarkan oleh TAM hanya beberapa tipe saja. Sedangkan distributor tidak resmi bisa menghadirkan smartphone Xiaomi terbaru dengan cepat, walaupun harganya terkadang tidak stabil. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba harga smartphone Xiaomi turun secara drastis.

Perbedaan yang menonjol dari garansi tersebut adalah terletak pada jaminan garansi yang diberikan. Kebanyakan garansi TAM dipilih karena after sales nya lebih terjamin dan sudah ada kantor resmi di kota-kota besar. Sementara garansi distributor tidak resmi, jika terjadi kerusakan akan di perbaiki oleh service center yang tertera di kartu garansi, bukan di service center resmi. Hp dari distributor tidak resmi adalah legal karena membayar pajak dan mempunyai ijin dari Dirjenpostel Indonesia.

4# Ketahui Jenis ROM yang Digunakan

Umumnya setiap Hp Xiaomi menggunakan ROM MIUI. ROM merupakan hasil modifikasi yang dibuat sedemikian rupa, memiliki banyak fitur, dan tampilan yang menarik. Saat ini Hp Xiaomi memiliki 4 jenis ROM, yaitu ROM Global Stable, Global Developer, China Developer dan China Stable.

ROM Global diperuntukan semua orang, sementara ROM China dikhususkan untuk China. Meskipun untuk China, tetapi kita juga bisa menggunakan ROM tersebut. Secara resmi hanya ada 4 ROM di atas, namun ada distributor Xiaomi yang melakukan modifikasi pada ROM tersebut dengan memasukan bloatware, iklan, dan sebagainya.

Pada ROM modifikasi biasanya memiliki banyak trouble seperti, fingerprint yang tidak bisa digunakan, kamera sering error, banyak iklan, banyak bloatware, dan lainnya. Meskipun begitu, Jika anda membeli HP Xiaomi melalui distributor resmi di TAM, maka bisa dipastikan itu bukanlah ROM modifikasi distributor.

Cara mengecek versi ROM

Masuk ke pengaturan – tentang ponsel (about phone)
Kotak Hitam merupakan informasi tentang versi MIUI.
Kotak Merah adalah untuk mengetahui apakah itu ROM Global (I) atau China(CN).
Kotak Ungu untuk melihat MIUI versi yang sedang digunakan (4 Digit Angka).
Kotak Biru untuk mengetahui apakah itu versi ROM Developer (Beta) atau ROM Stable.

Cara mengetahui ROM Distributor:

ROM Distributor biasanya memiliki 5 digit angka yang terletak di bagian Versi MIUI.
ROM China (CN) tidak ada Bahasa Indonesia. Maka, jika Hp Xiaomi anda menggunakan kode ROM “CN” dan ada Bahasa Indonesia, berarti itu adalah ROM distributor.

Baca : Cara mengganti Hp Xiaomi ke ROM miui resmi

5# Ingat Kode Device

Dikarenakan ada banyak varian HP xiaomi yang dibekali dengan kode device, maka tips kelima ini juga bisa buat pedoman untuk calon pembeli Hp Xiaomi, sebelumnya anda harus tahu dulu tipe device Xiaomi yang akan dibeli, mimin merekomendasikan yang tipe “CU” atau “SA”, karena berdasarkan informasi yang kami dapat hanya itu yang support 4G LTE di indonesia, namun kode “CU/SA” itupun tergantung dengan rom yang digunakan.

Sebagai contoh ada teman yang pakai Redmi 2, dan di tempat anda sinyal 4G nya kenceng, lalu Anda pengen beli juga Hp Redmi 2 namun karena anda kurang faham maka tanpa bertanya langsung beli saja, pas dipakai dirumah redmi 2 yang baru anda beli sinyal 4G nya susah keluar atau bahkan sama sekali tidak ada, padahal sama sama Redmi 2, kenapa punya anda tidak ada 4G nya sementara punya teman 4G nya lancar?

Ternyata setelah di teliti Hp Xiaomi Redmi 2 yang anda beli berkode 2014813 sedangkan punya teman berkode 2014817 maka kode 20148317/SA bisa menangkap 4G/LTE di band 900 sedangkan 2014813/CU tidak, itu masalahnya, sama sama redmi 2 beda kode device beda juga network yang dipakai.

Berikut adalah kode device xiaomi yang mungkin anda harus tahu:

Xiaomi Mi4 4G TD-LTE 16GB 2014216 (Xiaomi Leo)
Xiaomi Mi4 4G TD-LTE 64GB 2014216 (Xiaomi Leo)
Xiaomi Mi4 WCDMA 16GB 2014215 / Mi4W (Xiaomi Leo)
Xiaomi Mi4i TD-LTE 16GB Dual SIM 2015015
Mi Note 2015015
Xiaomi Mi3S WCDMA 16GB (Xiaomi Leo W)
Xiaomi Hongmi 1s / Redmi 1s Dual SIM 2014012
Xiaomi Hongmi 1s / Redmi 1s TD Dual SIM 2014011
Xiaomi Hongmi 1s / Redmi 1s Dual SIM 2013029
Xiaomi Hongmi 1S / Redmi 1S CDMA 2013028
Xiaomi Hongmi 2 / Redmi 2 FDD-LTE Dual SIM 2014817(ID)/2014811(CN)/2014812
Xiaomi Hongmi 2 / Redmi 2 TD-LTE Dual SIM 2014813 (CN)
Xiaomi Hongmi Note 1TD / Redmi Note TD Dual SIM 2014017
Xiaomi Hongmi Note 1 / Redmi Note Dual SIM 2014018
Xiaomi Hongmi Note 1TD / Redmi Note TD Dual SIM 2013122
Xiaomi Hongmi Note 1 / Redmi Note Dual SIM 2013121
Xiaomi Hongmi / Redmi Dual SIM 2013023 (Xiaomi Red Rice)
Xiaomi Mi-3 CDMA 64GB 2013063
Xiaomi Mi3 CDMA 16GB 2013063
Xiaomi Mi3 WCDMA 64GB 2013062
Xiaomi Mi3 WCDMA 16GB 2013062
Xiaomi Mi3 TD 16GB 2013061
Xiaomi Mi-Three / Mi-3 TD 64GB 2013061
Xiaomi Hongmi / Redmi 2013022 (Xiaomi Red Rice)
Xiaomi Phone 2A / Mi-Two A / MI-2A 16GB 2012121

Update : Khusus bagi anda yang ingin membeli Hp Xiaomi seken/ bekas (2nd) pastikan penjual sudah logout/kelur dari akun mi nya yang ada di Setelan – Akun Mi (kosong) dan pastikan juga penjual/orang yang menggunakan smartphone tsb sudah menghapus device yang ingin di jual di daftar perangkat yang ada di Mi Clouds, karena akan terkunci setelah update firmware.

Untuk memastikan silahkan anda lakukan Factory Reset (Setelan Pabrik) sebelum membeli/membayar Hp Xiaomi tersebut, jika setup wizard pada saat cek cari perangkat berhasil di lewati maka akun mi di mi clouds sudah terhapus, silahkan anda tambahkan akun mi dengan data anda.

Demikianlah postingan mengenai panduan dan tips sebelum membeli hp xiaomi agar tidak salah beli. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *