5 Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor Xiaomi

Posted on

5 Perbedaan Garansi Resmi dan Distributor Xiaomi – Hari gini kayaknya kurang afdol jika pergi kemana-mana tanpa membawa ponsel, ponsel seakan jadi barang kedua selain dompet yang wajib hukumnya untuk selalu tersimpan baik di dalam tas. Saat membeli ponsel pasti Anda pernah melihat penawaran ponsel bergaransi resmi dengan garansi dari distributor Xiaomi, lantas apa saja perbedaan garansi resmi dan distributor Xiaomi? Simak penjelasannya berikut ini

Kondisi ROM

perbedaan garansi resmi dan distributor Xiaomi

Untuk ponsel Xiaomi yang memiliki garansi distributor umumnya akan menggunakan ROM versi dari Tiongkok sementara itu jika yang Anda beli adalah ponsel Xiaomi bergaransi resmi maka ponsel tersebut telah menggunakan ROM versi global. ROM berfungsi sebagai sistem android yang bekerja untuk menjalankan seluruh fitur yang terdapat di dalam ponsel.

Karena garansi distributor memakai ROM versi Tiongkok maka unduh pilihan bahasanya pun hanya tersedia dalam bahasa Tiongkok dan Inggris saja. Selain itu ROM versi Tiongkok tidak bisa melakukan updating MIUI padahal kita menggunakannya di Indonesia.

Layanan Purna Jual

perbedaan garansi resmi dan distributor Xiaomi

Perbedaan nyata di antara garansi Xiaomi dari pemberikan distributor dengan yang bergaransi resmi terletak pada layanan purna jual. Ketika Anda membeli ponsel bergaransi resmi dan kebetulan ponsel mengalami kerusakan maka Anda hanya perlu klaim garansi pada service center resmi Xiaomi yang mana bisa Anda temukan dengan sangat mudah di kota-kota besar  bahkan kota kecil di tanah air seperti Pekalongan, Pati, Aceh, Solo, Jember, Manado, Kediri dsb.

Baca Juga :  2 Cara Flash Xiaomi Redmi 2 yang Cepat dan Mudah

Sedangkan untuk ponsel bergaransi distributor, Anda wajib membawa ponsel yang mengalami kerusakan ke toko di mana tempat Anda pertama membeli ponsel tersebut, tentunya akan menjadi hal yang sangat merepotkan apabila counter tempat Anda membeli ponsel sudah tidak menjalankan bisnis lagi atau justru sudah diambil alih, pastinya sulit untuk klaim service, dari konter ponsel Anda akan dibawa ke distributor yang tidak jelas di mana tempat service-nya.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses service di tempat distributor pun akan memakai waktu yang cukup lama, dengan kata lain, akan sulit rasanya memperbaiki smartphone Xiaomi bila yang Anda punya adalah garansi distributor.

Google Play

perbedaan garansi resmi dan distributor Xiaomi

Selanjutnya perbedaan garansi resmi dan distributor Xiaomi adalah keberadaan Google Play. Pada Xiaomi bergaransi distributor yang masih menggunakan ROM versi Tiongkok, Anda tidak akan menemukan adanya Google Play Store dan sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan Android Store versi Tiongkok, mengapa demikian? Karena di Tiongkok, layanan Google sudah diblokir termasuk beberapa aplikasi media social penting lainnya seperti Facebook, WA, Twitter dsb.

Baca Juga :  Mau Membeli Xiaomi Bekas? Baca Dulu Tips-tips Ini!

Namun ketika Anda memiliki ponsel  bergaransi resmi tentunya Anda bisa menikmati layanan dari Google Play Store dengan sangat mudah, kapan saja dan di mana saja karena tidak terikat akan peraturan.

Support 4G

perbedaan garansi resmi dan distributor Xiaomi

Karena Xiaomi garansi distributor sesungguhnya ditunjukkan untuk konsumen di Tiongkok, Cina tidak heran jika bahasanya pun yang di setting adalah bahasa Inggris dan China saja, selain itu dalam beberapa versi ponsel Xiaomi bergaransi distributor tidak support dengan 4G atau sengaja dinonaktifkan sehingga pengguna ponsel wajib menyesuaikan keaktifannya seorang diri.  Beda dengan yang garansi resmi telah memiliki jaringan 4G jadi pengguna bisa terhubung pada jaringan internet dengan lebih mudah dan lebih lancar.

Bahasa

Telah jelaskan sebelumnya di atas, jika kemampuan Xiaomi bergaransi distributor untuk mengenali bahasa sangatlah minim karena ponsel tersebut hanya bisa menjalankan dua bahasa asing saja yakni bahasa Inggris dan juga bahasa Tiongkok, asal dari produsen Xiaomi.  Sedangkan untuk garansi resmi, ponsel tersebut sudah dilengkapi dengan bahasa ibu kita jadi kita bisa memahami tata cara pemakaiannya dengan baik.

Baca Juga :  Cari Tahu 7 Shortcut MIUI Xiaomi Di sini!

Angka penjualan ponsel Xiaomi di Indonesia terbilang cukup tinggi, tidak heran jika kita bisa menemukan ponsel bergaransi distributor dengan mudah di antara ponsel bergaransi resmi, itu jadi keputusan Anda untuk memilih ponsel bergaransi apa, namun setelah mengetahui dan memahami apa saja perbedaan garansi resmi dan distributor Xiaomi di atas, cobalah untuk memilih ponsel Xiaomi  berdasarkan pada kebutuhan Anda, jangan melihat dari harga jualnya saja karena di antara ponsel bergaransi resmi dan distributor memiliki harga jual yang berbeda sangat tipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *