10 Alasan Kenapa Harga Hp Xiaomi Bisa Murah di Pasaran

Alasan Kenapa Harga Hp Xiaomi Bisa Murah di Pasaran

Xiaomi adalah salah satu distributor ponsel pintar terbesar di dunia yang berkantor pusat di Beijing. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya kenapa harga HP Xiaomi bisa dijual murah padahal memiliki spesifikasi dan fitur yang canggih dikelasnya sehingga tidak pantas rasanya jika ponsel besutan Xiaomi ini disandingkan dengan berbagai merek ternama yang harganya lebih mahal.

Secara perlahan brand Xiaomi terus di kenal masyarakat padahal perusahaan ini sangat jarang melakukan promosi, bahkan tidak pernah iklan di media televisi. Lalu apa yang melatarbelakangi Hp Xiaomi bisa di jual murah, Yuk kita simak ulasannya berikut ini :

10 Alasan Kenapa Harga Hp Xiaomi Bisa Murah

1# Harga Murah, Fitur Melimpah, Kualitas Mantap!

Harga yang murah adalah senjata paling ampuh untuk menarik minat konsumen. Xiaomi pun berhasil membuat Smartphone buatan mereka dijual dengan harga murah dibanding Brand lain dengan spesifikasi yang sama. Meskipun harganya murah, Xiaomi memiliki kualitas yang tidak bisa dikatakan murahan. Desain dan spesifikasi selalu mantap. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih Hp Xiaomi ketimbang produk lain.

2# Tanpa Iklan

Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya, Xioami memang sangat jarang melakukan promosi iklan bahkan tidak pernah. Maka dari itu perusahaan dapat menghemat biaya promosi sehingga harga jual hp xiaomi bisa murah di pasaran.

Perusahaan Tirai Bambu ini lebih mengandalkan jaringan media sosial dan para fans (MI Fans) untuk mempromosikan produknya. Ya, hanya melalui media sosial, produk Xiaomi diperkenalkan dari mulut ke mulut. Maka tak heran jika Xiaomi dapat menghemat banyak dana dan mengalokasikannya untuk merilis smartphone baru di setiap tahunnya.

3# Fokus Jual Online

Jika kita perhatikan pernahkan anda menemukan toko fisik khusus yang menjual Hp Xiaomi ? Bisa dikatakan tidak ada bukan! Xiaomi lebih suka menjual produk mereka melalui jalur online. Dengan begini tentu saja perusahaan bisa menghemat banyak biaya seperti perawatan toko dan gaji karyawan.

Xiaomi menjual produknya dengan menggandeng beberapa toko online seperti Lazada dan Erafone untuk menawarkan produk dan memberikan berbagai promo menarik seperti ‘Flash Sale atau Harga Diskon’. Jadi jangan heran kalau produk mereka selalu laris manis dan habis stok dalam hitungan menit saja.

4# Jumlah Produk Terbatas

Dengan menjual smartphone dalam jumlah yang terbatas, Xiaomi bisa menyesuaikan harga jual dengan harga komponen yang semakin lama akan semakin murah. Misalnya saat ini Xiaomi menjual 100 produk dengan harga 3 juta dengan modal 2 juta per produknya. Setelah produk habis terjual, mereka baru akan membuatnya lagi dan menjualnya dengan harga yang lebih murah karena biaya modal pembelian komponen juga sudah turun.

Dengan kebijakan ini memang Xiaomi tidak mampu memenuhi seluruh permintaan konsumennya karena memiliki stok terbatas dan penjualannya pun dilakukan dengan sangat cepat. Meskipun demikian, dengan strategi ini Xiaomi tidak perlu mengeluarkan dana untuk penyimpanan dan biaya pemeliharaan produk.

5# Kerjasama dengan Komponen

Xiaomi memiliki kerja sama dengan banyak mitra besar salah satunya adalah Qualcomm. Dengan begini, Xiaomi bisa mendapat pasokan komponen dan prosesor dengan harga yang jauh lebih murah namun berkualitas.

Beredar kabar juga menyebutkan, bahwa Xiaomi akan membuat chipset sendiri, terpisah dari Qualcomm dan MediaTek. Akan tetapi, bukan berarti kerjasama antara Qualcomm dan Xiaomi akan terhenti untuk menjual smartphone dengan harga yang murah.

6# Tanpa Bloatware (Aplikasi bawaan)

Pada umumnya setiap Vendor Smartphone biasanya akan menyertakan banyak bloatware (Aplikasi bawaan) dalam smartphone yang mereka jual, padahal aplikasi tersebut tidak terlalu berguna. Hal ini berbeda dengan Xiaomi, Anda tidak akan disuguhan dengan rentetan aplikasi bawaan yang mengganggu pengguna.

7# Dukungan Komunitas dan Forum Aktif

Xiaomi memberikan wadah berupa komunitas yang anggotanya adalah sesama pengguna Xiaomi. Di forum komunitas ini, Anda bisa saling berbagi atau bertanya jika Anda memiliki pengalaman atau masalah dengan smartphone Anda. Update-an terbaru juga akan Anda dapatkan saat bergabung di forum Xiaomi.

8# Sedikit Varian

Dipasaran Xiaomi hanya memiliki 2 varian smartphone yang resmi di jual yaitu tipe Redmi dan MI yang merupakan seri flagship. Dengan begini, Xiaomi hanya berfokus pada 2 varian itu saja dalam hal pengembangan software dan komponen. Ketersediaan suku cadang juga menjadi lebih efisien karena tidak banyak produk yang berbeda tipe.

9# Tujuan Penjualan

Setiap perusahaan pasti menginginkan keuntungan yang besar dari setiap produk yang mereka jual. Seperti produk Apple yang di jual dengan harga mahal karena memang mereka berbasis keuntungan. Berbeda dengan Xiaomi yang memiliki tujuan untuk mendapat market share. Oleh karena itu, Xiaomi menjual produknya dengan harga murah, asal market share-nya semakin besar.

10# Cermat Membaca Pasar

Untuk mendapatkan banyak konsumen yang membeli produknya, Xiaomi mampu membaca pasar dengan baik. Alih-alih memperluas jangkauan produknya di negara yang tidak memiliki minat terhadap ponsel pintar, Xiaomi malah terus menggempur dan memanjakan negara yang meminatinya, salah satunya adalah Indonesia.

Karena tak ingin kehilangan konsumen di Indonesia, Xiaomi sampai membuat pabrik di Indonesia, yaitu di Batam. Karena itu, hadirlah smartphone Xiaomi murah made in Indonesia, yaitu Redmi 4A.

Itulah tadi, 10 alasan kenapa harga Hp Xiaomi bisa dijual murah. Jika kamu ada alasan lainnya? Yuk lengkapi dengan memberikan komentar!

Alasan Kenapa Harga Hp Xiaomi Bisa Murah di Pasaran
Previous Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *